Wednesday, April 27, 2016

Arc Baru yang Tak Ada di Versi Aslinya

Untuk kalian yang mengikuti kedua komik, baik versi ONE maupun versi perbaruan oleh Yosuke Murata, kalian pasti sadar kalau semenjak beberapa chapter terakhir, cerita OnePunch-Man telah dibelokkan dari versi aslinya.

OnePunch-Man Original vs Remake
Dari awal, mulai dari Chapter pertama hingga pertarungan antara Garou melawan Tanktop Master berakhir, versi remake OnePunch-Man terus mengikuti versi aslinya, bahkan hampir semua susunan panelnya dibuat sama persis, halaman per halaman. Hingga pada Chapter 47, versi Murata dibuat beda.

Aslinya, setelah Garou berhasil mengalahkan Tanktop Master, kemudian berhadapan dengan Charanko, ia akan bertarung melawan Hero Kelas A Ranking 8, Death Gatling, kemudian Genos, dan akhirnya melawan Bang dan kakaknya, Bomb. Garou luka parah, dan hampir bisa dikalahkan jika saja monster-monster dari Asosiasi Monster tidak datang untuk menyelamatkannya.

Pada versi remake yang digambar oleh Murata, cerita dibuat lebih panjang. Setelah Garou mengalahkan Tanktop Master, cerita dilanjutkan Chapter yang berjudul Pisang. Saitama datang mengunjungi mereka berdua di rumah sakit Hero yang berujung pada keikutsertaannya dalam Turnamen Super Fight.

Di sisi lain, Garou masih bebas berkeliaran, ia bahkan sempat terlibat pertarungan dan mengalahkan dua Hero Kelas A, Golden Ball dan Spring Mustache. Dan target Garoy tak cuma Hero, melainkan para pejabat tinggi asosiasi yang sangat dibencinya itu. Keputusan pun diambil, para petinggi terutama oejabat sponsor harus dilindungi oleh Hero Kelas S jika ingin bepergian. Karenanya, Metal Bat pun ditunjuk untuk menjadi pengawal.

NB: Untuk kalian yang baru baca OnePunch-Man sampai Chapter 54, tulisan di bawah mengandung spoiler, jadi untuk yang tidak ingin membaca disarankan untuk selesai membaca sampai di sini. Intinya, cerita tentang Super Fight dan pertarungan Metal Bat melawan monster kelabang tak ada di versi aslinya.

Lanjut ke soal Metal Bat, aksinya sebagai pengawal tidak berjalan lancar. Bukannya melindungi pejabat asosiasi dari Garou, ia malah harus melindungi mereka dari serangan monster kelabang yang tingkat bahayanya Level Naga.

Kemunculan mereka juga menjadi debut perkenalan Asosiasi Monster. Sementara Saitama sedang menjalani Turnamen Super Fight, monster-monster menyerang berbagai kota. Pada versi aslinya, diketahui kalau Asosiasi Monster terdiri dari 17 monster. Sementara pada versi remake, jumlahnya jauh meningkat.

Sampai Chapter 54, kita sudah melihat Monster Kelabang, Tumbuhan Pemangsa, serta Rafflesidon, yang sebenarnya hanya ada di versi remake. Kelabang Senior yang dikalahkan oleh Metal Bat sempat muncul di versi aslinya. Namun berbeda dengan versi remake, ia hanya muncul sebentar sebelum akhirnya dihabisi oleh Garou.

Beberapa Chapter ke depan, kita akan bertemu dengan lebih banyak lagi anggota-anggota Asosiasi Monster yang tak ada di versi aslinya. Namun tampaknya, meski ada perbedaan dan penambahan, pada akhirnya versi remake yang dibuat akan kembali masuk ke jalur cerita aslinya.